Tuesday 25 October 2011

5 golongan yang mustajab doanya.


Bila dan siapakah yang mustajab doanya. Berikut ialah mereka yang dianggap mustajab doanya sebagaimana disebutkan oleh Rasulullah s.a.w;

1. Doa seorang Muslim pada saudaranya.

Abu Darda' meriwayatkan Rasulullah Saw bersabda, " Doa seorang muslim pada saudaranya itu mustajab. Di atas kepala orang itu ada malaikat yang apabila orang tadi mendoakan kebaikan kepada saudaranya, malaikat itu berkata, " Amin, dan semoga kau mendapatkan kebaikan yang sama ." (HR Muslim)

2. Orang yang terkena musibah.

Rasulullah Saw bersabda , " Siapa pun yang terkena musibah kemudian berdoa ; Sungguh, kami berasal dari Allah dan sungguh, kepadaNya kami kembali. Ya Allah, berilah kami ganjaran dalam musibah ini dan berilah kami ganti yang lebih baik untuknya . "

3. Orang yang teraniaya.

Mu'adz bin Jabal meriwayatkan Rasulullah Saw. bersabda, " Takutilah doa orang yang teraniaya. Sesungguhnya tak ada penghalang antara doa itu dengan Tuhan , " ( HR Bukhari-Muslim)


4. Orang tua terhadap anaknya.

Rasulullah Saw. bersabda, " Ada tiga doa yang takkan pernah ditolak. Doa orang tua kepada anaknya, doa orang yang berpuasa dan doa orang musafir." ( HR Baihaqi).

5. Orang yang sedang bermusafir

Rasulullah S.A.W bersabda, " Ada tiga orang yang doanya pasti dikabulkan. Doa orang tua kepada anaknya, doa orang yang berada dalam perjalanan dan doa orang yang teraninaya.

Marilah kita memperbanyakkan doa kepada Allah.Semoga doa kita mustajab dan diterima oleh Allah.

No comments:

Post a Comment